Beranda | Artikel
Hikmah dan Pelajaran dari Pergantian Waktu - Khutbah Jumat (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)
Jumat, 26 Desember 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Hikmah dan Pelajaran dari Pergantian Waktu

Tak terasa waktu berjalan begitu cepatnya, begitu terasa berlalu hari-hari ini tanpa kita rasakan, namun apa yang telah kita dapatkan dari semua itu?

Setiap muslim sudah sewajarnya untuk senantiasa muhasabah atau menghitung-hitung apa saja yang telah kita perbuat untuk diri kita pada waktu-waktu yang lalu. Baik itu dari sisi ilmu, amal, dakwah, menjalankan sunnah, mendalami tauhid, atau dari sisi yang lainnya.

Apakah di waktu yang lalu kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk memperhatikan jabatan, profesi, kekayaan, ketenaran, dan hal-hal duniawi yang lainnya?

Sejauh mana perhatian kita terhadap perkara akhirat yang merupakan suatu kepastian?

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menyebutkan di dalam banyak ayat bahwa di dalam pergantian waktu, perputaran zaman, pergantian siang dan malam itu terdapat ibroh atau pelajaran bagi orang-orang yang berakal. Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (QS Ali Imran [3]: 190)

Apa saja hikmah dan pelajaran dari pergantian waktu? Silakan simak penjelasan Ustadz Ali Musri mengenai hal ini di dalam rekaman khutbah Jumat singkat ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. – Hikmah dan Pelajaran dari Pergantian Waktu

Mari raih kebaikan dengan membagikan link download khutbah Jumat ini kepada saudara-saudara kita, baik file hasil downloadnya maupun melalui akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga bermanfaat, jazakumullah khairan.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/10615-hikmah-dan-pelajaran-dari-pergantian-waktu-khutbah-jumat-ustadz-dr-ali-musri-semjan-putra-ma/